Sabtu, 02 Maret 2013

Pengertian dan Definisi LAN (Local Arean Network) serta Keuntungannya




Local area network atau yang lebih dikenal dengan LAN merupakan salah satu contoh jaringan komputer. Jaringan komuter dibangun dalam bentuk dan ukuran yang berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan. Bila awalnya hanya dikenal LAN (local area network) dan WAN (wide area network), maka saat ini mulai dikenal juga MAN (metropolitan area network), Storage area network, server area network, dll.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi LANG (Local Area Network):
# M. AGUS J. ALAM
LAN merupakan jaringan yang terdiri atas satu komputer (bisa juga perangkat lain) atau lebih, dalam suatu area tertentu
# PROF. DR. ZUHAL
LAN merupakan jaringan komputer yang biasa ditemui sehari-hari, di perkantoran, kampus, atau bahkan di rumah
# ARIEF RAMADHAN
LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area terbatas
# MADCOMS
LAN merupakan jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam suatu lokasi dengan area yang terbatas seperti ruang atau gedung
# TEGUH WAHYONO
LAN merupakan jaringan komputer lokal yang mencakup wilayah dengan garis tengah 20 km, yaitu kira-kira seluas daerah kotamadya. Namun pada implementasinya, kebanyakan LAN hanya digunakan dalam satu atau beberapa gedung dalam satu lingkungan saja seperti lingkungan kampus, lingkungan pabrik, dan sebaganya
# BONNIE SOEHERMAN & M. PINONTOAN
LAN merupakan jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam suatu area geografis tertutup
# SILVESTER SILA
LAN merupakan jaringan telekomunikasi antar perangkat komputer dan perangkat lain dengan cakupan area yang kecil
# ANGGA WIBOWO & SMITDEV COMMUNITY
LAN merupakan jaringan yang bersifat pribadi atau lokal. Jaringan ini umumnya digunakan dalam lingkup yang kecil, seperti dalam suatu kantor atau kampus.

Video tentang LAN
video

Pengertian LAN atau Local Area Network secara umumnya. LAN adalah sebuah jaringan internal yang memiliki kapasitas atau radius yang kecil. Berbeda halnya dengan internet yang memiliki cakupan akses yang mendunia, maka LAN atau local area network hanya berlaku di area area tertentu yang memasangnya, hal ini dikarenakan jaringan yang dibuat masih menggunakan sistem sambungan kabel.
Bagi perusahaan, penggunaan Local Area Network sangat diperlukan. Tujuannya agar sesame personil perusahaan bisa sharing dokumen, informasi atau hal lainnya. Dengan adanya LAN, bisa membuat seorang direktur yang berada di lantai 10, bisa memberikan infomasi tugas berupa data, dokumen, file, dan lain sebagainya dengan semua karyawannya, bahkan yang berada di lantai 1.













gambar ilustrasi LAN (local area network)
Installasi LAN pada dasarnya hampir sama dengan pemasangan jaringan internet untuk warnet, yaitu menghubungkan antara komputer dengan perangkat komputer lainnya menggunakan kabel UTP. Setiap komputer yang dihubungkan tersebut bisa digunakan untuk saling bertukan informasi dan bisa menggunakan sumber daya atau resource yang sama.
Untuk jaringan LAN, kebanyakan yang digunakan adalah teknologi Ethernet IEEE 802,3. Untuk kecepatannya, tentunya tergantung kepada basis teknologi yang digunakan, sebagai dasarnya paling rendah adalah 10 mbps dan paling cepatnya adalah 1000 mbps.
Pengertian LAN sudah pasti dimengerti oleh pihak pihak yang berkutat dalam organisasi, seperti komunitas dan perusahaan, karena mereka sudah pasti mempergunakannya. Namun, untuk lebih lanjut mengenai pengertian LAN bisa dipastikan tidak banyak orang yang tahu, bahwa LAN terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
• Server : merupakan sebuah pusat data sumber daya (resource).
• Network Software : sebuah LAN baru akan bisa difungsikan dengan memasang netwok software. Tanpa ini, maka LAN belum bisa digunakan.
• Workstation : perangkat komputer yang dihubungkan ke server agar bisa mengambil resource.
• Link : yaitu tautan antara server dengan workstation yang dihubungkan dengan kabel.
Keuntungan jaringan LAN adalah untuk file sharing (pertukaran file), dapat memakai satu printer yang digunakan untuk seluruh pengguna (printer sharing), data-data yang disimpan pada server dapat diakses oleh semua pengguna dengan LAN sebagai perantaranya, file yang masuk atau keluar dari atau ke server bisa dikendalikan, proses back up data akan menjadi mudah dan cepat, memperkecil resiko kehilangan data yang disebabkan oleh virus komputer, dan komunikasi antar pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan chat dan email.
Demikian penjelasan tentang “Pengertian LAN dan Keuntungannya” semoga bermanfaat bagi pembaca.


Membuat Jaringan LAN Secara Virtual Dengan VirtualBox Bagian 2.


Sekarang kita jalankan Windows XP yang telah terinstall di VirtualBox.
Masuk ke Control Panel – Network Connections maka akan keluar windows seperti gambar dibawah ini :





Klik kanan Ethernet tersebut lalu pilih properties, maka akan tampil windows seperti berikut :




Pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik tombol Properties, akan keluar windows untuk memasukan Ip Address dan juga Subnet Mask, masukan nilai IP 192.168.0.2 dan Subnet Mask 255.255.255.0. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


Selanjutnya kita rubah Workgroup dan juga Computer Name pada Windows XP dengan cara, masuk Control Panel – System maka akan keluar windows seperti berikut ini :



Rubah Computer Description sesuka hati anda, tapi gak diisi juga gapapa sih. Lalu untuk merubah Computer Name dan juga Workgroup klik tombol change, maka akan keluar windows seperti gambar berikut ini :




Rubah Computer Name sesuka hati anda namun pastikan namanya berbeda dengan yang telah kita setting di Windows 7, selanjutnya rubah nama Workgroup, nah kalo nama Workgroup ini harus sama dengan yang kita buat di Windows 7. Selanjutnya klik tombol Ok.
Settingan telah selesai, sekarang kita akan mencoba untuk melakukan Ping dari Guest yaitu Windows XP ke Host atau server yaitu Windows 7.
Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketikan cmd. Atau anda bisa menemukannya melalui Start – All Programs – Accessories – Command Prompt. Maka akan keluar Command Prompt seperti berikut ini :


Lalu ketikan ping 192.168.0.1 pada Command Prompt tersebut, karena kita akan mengecek apakah Windows XP sudah terhubung dengan Windows 7. Maka jika sukses hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :



Ok kita telah berhasil membuat sebuah jaringan LAN (Local Area Network) secara virtual, jadi kalo ada yang mau belajar membuat sebuah aplikasi Client-server tidak harus susah-susah untuk membeli sebuah komputer baru, cukup dengan menggunakan cara diatas maka kita telah memiliki sebuah komputer virtual yang dapat digunakan sebagai client dari aplikasi Client-Server yang dibuat.





1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus